BLANTERORIONv101

Festival Sekala Bekhak merupakan ajang promosi budaya Lampung Barat

22 Juli 2024


BeritaTerkini.Info - Festival Sekala Bekhak ke-10 yang digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Barat kini menjadi ajang promosi budaya asli Lampung Barat, Lampung.

Hal itu disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Ismet Inoni pada Pembukaan Festival Sekala Bekhak di Lapangan Merdeka, Kecamatan Balik Bukit, Minggu (21/7/2024) kemarin.

“Festival Sekala Bekhak merupakan acara tahunan Pemkab Lampung Barat yang kini sudah berjalan 10 tahun,” ujarnya mewakili Pj Bupati Lampung Barat, Nukman.

“Festival ini diselenggarakan sebagai wujud dan misi Kabupaten Lampung Barat yaitu menjadikan kota Liwa sebagai kota budaya,” lanjutnya.

Ismet Inoni menjelaskan, rangkaian acara Festival Budaya Sekala Bekhak menghadirkan budaya asli Bumi Sekala Bekhak.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali, melestarikan dan memajukan seni budaya tradisional dan adat istiadat asli Lampung Barat.

“Sehingga berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Lampung Barat yang dijuluki Negeri Di Atas Awan,”

“Tentunya dengan harapan dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Sekadar informasi, tahun ini tema yang diangkat adalah “Sekura Si Topeng Bangsa, Seni Tradisional Masa Lalu, Kini, dan Masa Depan

Datang di festival itu.

“Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 21 hingga 23 Juli. Dengan mengadakan lomba seni dan budaya asli daerah kita,”

Yakni nyambai, orkes gambus, hadra, ngelemang, tari pesta buah caak sekura dan lain-lain, jelasnya.

Ia merasa bangga karena masih banyak masyarakat Lampung Barat yang ingin mempertahankan budayanya sendiri.

“Karena zaman sekarang semakin berkembang, namun masyarakat tetap bisa mempertahankan budaya yang ada,”

“Kebudayaan ini merupakan warisan ratusan tahun yang lalu dan masih dilestarikan, berkembang dan menjadi daya tarik di Bumi Sekala Bekhak,”

Komentar