BLANTERORIONv101

Polisi Kerahkan Lebih 1.200 Personel untuk Amankan Demo BEM SI Hari Ini

23 Juli 2024


BeritaTerkini.Info - Sebanyak 1.231 aparat kepolisian dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang digelar Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) pada Senin (22/7/2024). Sedangkan jumlah tersebut merupakan gabungan personel Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat.

Untuk mengamankan aksi elemen masyarakat di Bundaran Patung Kuda Monas dan sekitarnya, total kami melibatkan 1.231 personel gabungan, kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kompol Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya, Senin (22/7/2024). ).

Dia menjelaskan, personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik, seperti di Bundaran Patung Kuda Monas dan depan Istana Negara.

Selain itu, pengamanan juga dilakukan sebagai antisipasi dengan menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan mencegah massa aksi memasuki Istana Negara.

Sementara pengalihan arus lalu lintas di sekitar Bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lainnya bersifat situasional. Rekayasa arus lalu lintas akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan perkembangan dinamika situasi di lapangan.

“Kalau kerumunannya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Nanti kita lihat jumlah kerumunannya, jika di sekitar Bundaran Patung Kuda Monas cukup banyak dan eskalasinya meningkat, maka lalu lintas yang menuju ke Jalan Merdeka Barat akan dialihkan,” ujarnya. Susatyo.

Ia mengingatkan seluruh personel yang terlibat di bidang keamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak melakukan provokasi atau terprovokasi, mengedepankan perundingan, pelayanan yang manusiawi, serta menjaga keamanan dan keselamatan.

Ia juga mengimbau kepada koordinator lapangan demonstrasi dan orator untuk menyampaikan orasinya dengan sopan dan tidak memprovokasi massa.

Demonstrasi damai, jangan memaksakan kehendak, jangan anarkis dan jangan merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan lain yang akan melewati Bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lainnya, kata Susatyo.

Susatyo menambahkan, aparat keamanan juga tidak akan membawa senjata api saat mengamankan aksi demonstrasi.

Komentar