BLANTERORIONv101

Calon Kepala BIN Era Prabowo: Herindra

15 Oktober 2024


BeritaTerkini.Info - DPR RI telah menerima surat presiden terkait pengangkatan Kepala BIN yang baru. Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan nama Kepala BIN yang diusulkan adalah M Herindra, Wakil Menteri Pertahanan 2019-2024.

"Jadi satu nama sudah diusulkan oleh Presiden Jokowi. Surat presiden terkait penggantian Kepala BIN atas nama Bapak Herindra, Insyaallah akan melakukan fit and proper (uji kepatutan) atau pertimbangan dari DPR, Insyaallah besok pagi di DPR," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam jumpa pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2024).

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memaparkan proses pelaksanaan fit and proper test mengingat jajaran anggota alat kelengkapan pendukung (AKD) DPR di komisi-komisi belum terbentuk.

Dasco mengatakan, pimpinan DPR bersama pimpinan fraksi-fraksi di DPR akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

"Sudah diputuskan dalam rapat konsultasi dan (uji kelayakan dan kepatutan) dilakukan oleh pimpinan DPR dan pimpinan fraksi," katanya, Senin (14/10). Herindra merupakan salah satu pejabat yang mendatangi kediaman Prabowo pada Senin (14/10) kemarin di Kertanegara, Jakarta Selatan. Prabowo tengah memanggil calon menteri dan wakil menteri untuk pemerintahannya.

Komentar